Langsung ke konten utama

Bantu Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan Pulau Dewata, Yoga Ciptakan Aplikasi FishGo

Yoga orang biasa memanggil namanya, pemuda asal Kabupaten Buleleng yang saat ini bekerjasama dengan Balitbang Kabupaten Badung ini memiliki tekat kuat untuk membantu nelayan Pulau Dewata untuk meningkatkan kesejahteraannya melalui FishGo, aplikasi Android berbasis navigasi GPS yang dikembangkan Yoga bersama timnya.

Yoga langsung terjun sendiri untuk menguji Aplikasi FishGo
Yoga langsung terjun sendiri untuk menguji Aplikasi FishGo (doc: Instagram @mertayogapr)

Dengan mengusung tagline "Nelayan Berdasi", Yoga ingin nelayan Indonesia dengan aplikasi FishGo bisa mendapatkan tangkapan ikan yang cukup dan bisa meningkatkan produksi serta kesejahteraannya.

Kedepan Yoga juga ingin para nelayan agar bisa melek teknologi dan lebih sejahtera, sehingga stigma nelayan hidup dalam kekurangan tidak ada lagi dalam kehidupan bermasyarakat.

Berawal dari Game Pokemon Go

Aplikasi Fish Go
FishGo (doc: Instagram FishGo)
Ide awal aplikasi FishGo adalah dari game online yang pernah booming beberapa tahun lalu yaitu Pokemon Go. Di permainan ini, pemain harus berjalan dan mencari sendiri pokemon virtual tersebut. Ditambah dengan ilmu cara memetakan ikan berdasarkan arus air laut yang dimiliki saat menempuh pendidikan Ilmu Kelautan di salah satu perguruan tinggi negeri di Bali, ia pun melakukan riset lapangan sehingga berhasil meliris FishGo pada tahun 2017 lalu.

Hingga tulisan ini dibuat, Aplikasi FishGo sudah di download lebih dari 1000 kali melalui Play Store. Yoga juga optimis aplikasi buatannya ini bisa menjadi solusi bagi permasalahan nalayan saat ini. 

Yoga Pratama saat memaparkan Aplikasi FishGo pada kegiatan Astra Talk. (doc: Pribadi)

"Untuk membantu nelayan Indonesia, kami menyediakan aplikasi yang menggunakan teknologi terapan untuk menyelesaikan masalah utama yang dihadapi oleh nelayan. Kami memanfaatkan teknologi pengindraan jarak jauh untuk mengetahui lokasi potensial penangkapan ikan, waktu penangkapan yang tepat, dan rute terbaik untuk melaut." ungkap Yoga saat melakukan presentasi pada kegiatan Astra Talk.

"Teknologi kami telah terbukti mampu meningkatkan jumlah tangkapan ikan hingga 84,1% dan menghemat bahan bakar hingga 30%". lanjutnya pada kegiatan yang sama.

Fitur Aplikasi FishGo

Aplikasi yang diresmikan pada Tanggal 15 Desember 2020 oleh Pemkab Badung melalui Balitbang Badung untuk membantu meningkatkan hasil tangkapan dan kesejahteraan nelayan tradisional di Kabupaten Badung ini memiliki fitur yang cukup handal, diantaranya adalah:
deteksi ikan aplikasi fishgo
doc: google
  • Pasang Surut 
  • Cuaca
  • SOS
  • Tambah Jenis Ikan
  • Laporan Nelayan
  • Pantau User
  • Kompetisi
  • Internet of Thing (IoT) 
Untuk saat ini Aplikasi FishGo baru bisa medeteksi 4 (empat) spesies ikan, diantaranya adalah Ikan Lemuru, Ikan Tongkol, Ikan Kenyar, dan Ikan Layur. Tidak menutup kemungkinan melalui pengembangan yang berkelanjutan (sustainable development) Aplikasi ini bisa lebih banyak lagi menampung spesies ikan.

Memiliki Cita-cita Menyejahterakan Nelayan Melalui Bantuan Teknologi

"Nelayan kita, tidak bisa hidup, kalau tidak mendapat ikan," ungkapnya mengawali presentasi pada kegiatan Astra Talk di Denpasar. 

Lebih dari 5 juta nelayan Indonesia berada dibawah garis kemiskinan, permasalahannya adalah nelayan seringkali pulang tanpa hasil, padahal setiap kali melaut harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk biaya operasional, salah satu penyebabnya adalah ketidakmampuan nelayan untuk menggunakan teknologi dalam membantu mereka mendapatkan ikan.

Yoga saat melakukan sosialisasi FishGo kepada nelayan
Yoga saat melakukan sosialisasi kepada kelompok nelayan di Pantai Kedonganan, Kabupaten Badung (doc: fishgo.id)

Karena itulah Yoga bersama timnya memiliki tekat yang kuat untuk mendedikasikan dirinya kepada masyarakat dengan berbekal ilmu yang telah dia pelajari saat duduk di bangku kuliah.

"Solusi yang kami tawarkan, kenapa nelayan kita kurang mampu, karena mereka kalau tidak dapat ikan, tidak bisa makan, berbeda dengan kita," Yoga kembali menuturkan.

Gencar Lakukan Sosialisasi

Untuk mensukseskan visi Yoga membantu mensejahterakan nelayan di pulau dewata, Yoga "digandeng" oleh Pemerintah Kabupaten Badung melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Badung. 

Sosialisasi FishGo kepada para Nelayan
Sosialisasi FishGo kepada para Nelayan (doc: Instagram FishGo dan FB Balitbang Badung)

Kerjasama ini tentunya sangat membantu bagi Yoga dan timnya, terutama saat awal-awal pengembangan aplikasi FishGo, mendapat dukungan dari Pemkab Badung semakin, tentunya membuat yoga semakin bersemangat, hal ini dibuktikan dengan semakin gencarnya Yoga bersama tim dan Balitbang Badung melakukan sosialisasi dan diseminasi kepada para nelayan.

Manfaat Mulai Dirasakan Para Nelayan

Nyoman Sudiarta selaku Ketua Kelompok Nelayan Samanjaya Kedoganan Kuta mengakui keunggulan aplikasi FishGo. Menurutnya aplikasi ini mampu meningkatkan hasil tangkapan ikan berdasarkan pengalaman langsung saat mencari ikan di perairan Badung Selatan.

Nyoman juga menambahkan bahwasanya sebelum menggunakan aplikasi FishGo, hasil tangkapan ikan tidak menentu, terkadang dapat kadang juga tidak, tapi lebih banyak tidak dapatnya. Akan tetapi setelah menggunakan aplikasi tersebut, dirinya mengaku lebih mudah mengetahui dimana posisi ikan berada, sehingga saya bisa meningkatkan hasil tangkapan ikan yang sebelumnya hanya berkisar 50 kilogram menjadi 300 kilogram.

Nelayan mendukung FishGo
Ketua Kelompok Nelayan Putra Bali I Made Gita Adnyana  (doc: fishgo.id)

Kami dari kelompok nelayan sangat mendukung besar aplikasi ini, karena kami ingin mencari ikan atau mendapatkan ikan secara langsung, Kita yang duduk dikantor dan langsung terjun kelaut, kita sudah ketemu ikan itu yang penting terutama, inilah aplikasi yang bagus, berarti FishGo ini nelayannya nelayan yang cedas demikian. (I Made Gita Adnyana - Ketua kelompok Nelayan Putra Bali)

Penerima 2 (dua) Apresiasi Astra Sekaligus

Melalui karyanya "Pelacak Ikan Berbasis Navigasi" Yoga berhasil menyabet dua penghargaan bergengsi dari Astra sekaligus, yaitu Apresiasi Bidang Teknologi dan Apresiasi Finalis Favorit. Aplikasi yang ditemukan Yoga melalui serangkaian riset dan studi lapangan ini berhasil mencuri perhatian tim juri 11th SATU Indonesia Awards 2020 hingga akhirnya FishGo terpilih menjadi juara.

Untuk menjadi Finalis Favorit, Yoga dengan Aplikasi FishGo-nya harus mendapatkan perolehan voting tertinggi, dan ini terbukti hingga penutupan voting dilakukan, Yoga mendapatkan vote terbanyak yaitu sebesar 1455. "Tentunya ini tidak bisa terlepas dari kerja keras semua tim, terutama Astra Grup Bali yang telah banyak membantu saya", ujar Yoga saat menghadiri kegiatan Astra Talk di Denpasar.

Yoga Menunjukkan Tropi dari Astra (doc: Instragram @mertayogapr)

Meski harus bertarung dengan nominator kreatif lainnya dari seluruh Indonesia, akhirnya ide Yoga dalam membantu nelayan mencari ikan secara optimal, masuk menjadi salah satu pemenang penghargaan bergengsi program Semangat Astra Terpadu untuk (SATU) Indonesia Awards tahun ini.

Penghargaan bergengsi SATU Indonesia Award yang diterima Yoga tahun 2020 ini sagat berperan penting dalam pengembangan aplikasi FishGo kedepan. Yoga juga optimis bisa merealisasikan mimpinya bersama dengan Astra untuk mensejahterakan nelayan Indonesia.

Pemuda dengan Segudang Prestasi

Sederet prestesi sudah pernah diraih oleh Yoga, baik sebagai pribadi maupun sebagai Founder aplikasi FishGo.

Berikut adalah daftar prestasi yang pernah Yoga raih:

  1. Juara I Innovation Festival (Innofest) Kabupaten Badung (2017)
  2. Sakura Exchange Program in Science Kwansei Gakuin University 2017
  3. Putera Maritim Bali 2018
  4. Putera Maritim Indonesia IPTEK 2018
  5. Best of The Best TheNextDev Talent Scouting (2018)
  6. Top 45 dari 3156 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik antar lembaga pemerintahan yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB (2019)
  7. Penerima penghargaan SDG PIPE (Sustainable Development Goals Pemuda Indonesia Penggerak Perubahan) 2019
  8. Delegasi Indonesia dan juara Runner up dalam acara Singtel Future Makers 2019 di Singapura
  9. Penerima Beasiswa LPDP Kemenkeu 
  10. Apresiasi Bidang Teknologi dan Apresiasi Finalis Favorit program Semangat Astra Terpadu untuk (SATU) Indonesia Awards 2020 
Prestasi Yoga FIshGo
Yoga dengan segudang prestasi (doc: Instragram @mertayogapr)

Segudang prestasi yang sudah Yoga raih, tak pantas membuatnya besar hati. Yoga terus berupaya untuk menjadi pribadi yang tetap bersahaja, dan ini terbukti dengan begitu antusiasnya Yoga bersama dengan timnya untuk melakukan sosialisasi mengenalkan Aplikasi yang dikembangkannya kepada para nelayan di pulau dewata.

Penutup

Saya bertemu dengan Yoga Pratama pada acara Astra Talk yang diselenggarakan oleh Grup Astra Bali di Loh Coffe & Eatery pada hari Jumat 13 November 2020 di Denpasar Bali. Acara yang baru pertama kali digelar oleh Grup Astra Bali ini berlangsung dari jam 16.00-18.00 WITA. Walaupun hanya 30 menit pemaparan aplikasi FishGo yang dilakukan langsung oleh Yoga, tapi saya sudah bisa menagkap apa isi dari presentasi tersebut, dan saya juga sangat optimis Yoga dengan FishGo-nya bisa membantu nelayan untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Kegiatan bincang santai ini dihadiri oleh Para Penerima Apresiasi SATU Indonesia Award (SIA) dari Provinsi Bali, Astra Grup Bali dan Para wartawan dari berbagai media cetak maupun elektronik. Salah satu penerima Apresiasi SATU Indonesia Award Provinsi Bali adalah adik saya yaitu Taufiqur Rahman yang mengusung tema "Olah Sampah Menjadi Rupiah" pada ketegori Lingkungan. Berikut adalah beberapa dokumentasi pada kegiatan tersebut.




Dan beruntung sekali saya bisa menghadiri kegiatan Astra Talk tersebut, saya bisa bertemu dengan pemuda-pemuda yang hebat, kreatif dan inovatif, yang akan menjadi generasi emas penerus estafet perjuangan bangsa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JANGAN MINUM TOLAK ANGIN !!! Cerita Aku dan Tolak Angin

JANGAN MINUM TOLAK ANGIN !!! Mungkin judul diatas cocok untuk mengawali cerita saya pada tulisan “ Aku dan Tolak Angin ” ini. Sebenarnya ini terinspirasi dari pengalaman pribadi saya ketika masih bekerja sebagai Tim IT di sebuah perusahaan Autobody Manufacturing tepatnya di kota industri Pasuruan. Waktu itu saya terheran-heran melihat rekan kerja saya yang bernama Pak   Heru ( Research & Development ) yang sedang asyik menenggak Tolak Angin sachet, dan setelah beliau selesai langsung saya beranikan diri untuk bertanya, Kenapa bapak ko minum Tolak Angin? Dengan lantang dan beliau menjawab “Iki Gae Menjaga Daya Tahan Tubuh Fur” yang kalo diartikan dalam bahasa Indonesia “Ini Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Fur”, dan tanpa panjang lebar saya juga diberikan 1 sachet Tolak Angin oleh beliau dan langsung saya minum saat itu juga. Cerita Aku dan Tolak Angin Tidak berhenti sampai dsana, saya merasakan kehangatan pada tubuh saya setelah menenggak Tolak Angin yang diberikan oleh

Mengatasi Error UUID Already Exists Virtual Box UNBK dan UAMBN

Error UUID Already Exists saat menambahkan VDI/VHD pada Virtual Box memang sering terjadi, dan kami juga mengalami hal yang sama beberapa waktu yang lalu. Masalah ini terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah membuat VM (Virtual Machine) dengan satu VHD, ini merupakan salah satu penyebab yang paling sering terjadi. Penyebab lain yang mungkin anda juga perlu tau adalah : Membuat VM dengan sumber VHD/VDI sejenis (hasil copy) meskipun letak atau pathnya berbeda. Membuat nama VM yang sama dan pernah digunakan sebelumnya Setelah mengetahui penyebab terjadinya error UUID already exists tersebut, maka selanjutnya adalah langkah penyelesaian masalah tersebut.  Langkah-langkah Mengatasi Error UUID pada Virtual Box. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi error tersebut : Masuk ke DOS Command Prompt:  Starmenu > search >  [ketik]  CMD >  kemudian klik kanan pada Command Prompt  > Run as administrator Langkah selanjutnya ada

Mau Hidup Berkah, Allisya Protection Plus Solusinya

Mungkin tidak semua orang dapat merasakan nikmatnya mendapat keberkahan dalam hidup, akan tetapi setiap orang bisa mengusahakannya, Allianz sebagai salah satu perusahaan jasa keuangan multinasional yang berkantor pusat di Munich, Jerman ini, siap menjadi mitra anda untuk mewujudkan keberkahan dalam hidup anda melalui salah satu program andalannya yaitu Allisya Protection Plus . Allisya Protection Plus merupakan produk dasar yang dapat digunakan untuk pendidikan, tabungan, dana pensiun atau kombinasi dari berbagai kebutuhan dan memberikan perlindungan Jiwa yang pasti dan maksimal sampai maksimum berusia 100 tahun, dimana besarnya Santunan Asuransi dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita sehingga perlindungan maksimal dapat diberikan kepada keluarga tercinta sekaligus investasi jangka panjang yang menarik. Jasa keuangan syariah, kini semakin berkembang dan dilihat sebagai potensi yang besar. Sistemnya yang cukup berbeda dengan keuangan konvensional, membuat keuangan syariah m

Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi guru madrasah bukan PNS sudah memasuki tahap pencairan ini caranya.

Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi guru madrasah bukan PNS sudah memasuki tahap pencairan. Bantuan ini dicairkan melalui rekening baru yang dibuat bank penyalur atas nama para penerima.  Lalu bagaimana tahapan pencairannya? Berikut adalah tahapan pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi guru madrasah bukan PNS menurut Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah M Zain  Penerima BSU akan menerima notifikasi pemberitahuan di akun Simpatika masing-masing, kemudian Penerima BSU mencetak dan menandatangani diatas materai Surat Pernyataan dan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) (format tersedia di akun simpatika masing-masing) Penerima BSU datang ke Kantor bank penyalur yang ditunjuk (BRI/BRI Syariah) dengan membawa Surat Keterangan Penerima BSU GBPNS 2020, dan SPTJM yang sudah ditandatangani di atas meterai, KTP dan NPWP (bagi yang sudah memiliki) Mengisi formulir pembukaan rekening baru di bank penyalur yang ditunjuk (BRI/BRI Syariah) hingga selesai semua proses pembuatan rekening baru, s

ASUS VivoBook S Series Laptop Berkelas Fitur Tanpa Batas

Judul yang saya tulis diatas bukan hanya pemanis semata, karena laptop ASUS VivoBook S Series ini memang benar-benar akan membuat terkesima penggunanya. Mengapa demikian, pabrikan asal Taiwan ini menyematkan berbagai fitur yang sangat beragam pada laptop terbarunya ini, mulai dari dibenamkannya prosesor Intel® Core™ i5 terbaru, Hybrid Storage, Konektivitas yang lengkap, Tampilan NanoEdge, Keyboard backlit ergonomis bahkan sensor Sidik Jari juga bisa Anda temukan pada laptop mungil ini. Sejak diluncurkan beberapa bulan yang lalu, tepatnya pada acara  The Edge of Beyond - Computex 2017 Press Event , laptop ASUS VivoBook S sudah mulai menjadi incaran para pecinta produk ASUS, terutama bagi anda yang sering berpindah-pindah lokasi untuk mengerjakan beraneka ragam aktivitas, bertemu dan melakukan presentasi hingga transaksi, atau sekadar berpindah lokasi kerja agar mendapatkan pencerahan, maka laptop ASUS VivoBook S Series ini sangat cocok untuk anda pinang. ASUS membaca kebutuha

Pengumuman Pemenang ASUS Vivobook Surprise

Setelah beberapa hari menunggu  Pengumuman Pemenang ASUS Vivobook Surprise , akhirnya dapat kiriman email juga dari ASUS. Walaupun masih belum menjadi salah satu pemenang 5 unit notebook ASUS Vivobook S15 S510 yang penuh dengan fitur memukau , tapi saya tidak patah semangat untuk terus menulis dan berkarya.  Berikut adalah isi dari email pengumuman ASUS Vivobook Surprise yang saya terima tanggal 18 Oktober 2017 tepatnya jam 11.41 Wita. Dear Para Peserta, Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari semua peserta yang telah mengikuti Writing Competition Vivobook Surprise yang telah diadakan oleh ASUS pada periode 11 September – 11 Oktober 2017. Kami sangat mengapresiasi antusiasme teman – teman untuk mengikuti acara ini sehingga total peserta yang mendaftar mencapai 267 orang. Tentunya hal tersebut membawa impact yang luar biasa kepada kami selaku brand dan masyarakat yang membutuhkan informasi tentang notebook yang sesuai dengan kebutuhan. Unt

Moto G5s Plus, Smartphone Berkelas Kualitas Papan Atas

Motorola sebagai salah satu produsen Smartphone kelas dunia, kembali menunjukkan kiprahnya di kancah dunia Internasional. Hal ini dibuktikan dengan diluncurkannya beberapa produk baru dari pabrikan Asal Amerika ini pada beberapa waktu lalu, yaitu Moto G5s Plus, Moto E4 Plus dan Moto C Plus . Semua Smartphone yang saya sebutkan diatas memiliki keunggulan masing-masing, akan tetapi pada kesempatan ini yang akan saya ulas hanya satu saja yaitu Motorola Moto G5s Plus . Kalau kamu menginginkan Smartphone berkelas dengan kualitas papan atas, maka Motorola Moto G5s Plus adalah pilihan tepat saat ini, bagaimana tidak Smartphone dengan layar 5.5 inci sudah dilengkapi Prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 625 dengan CPU Octa-Core 2.0 GHz dan Adreno 650 MHz GPU 506, artinya kamu tidak perlu takut merasa " lemot " saat menggunakan Smartphone Moto G5s Plus, karena Prosesor dan CPU yang tertanam pada Smartphone ini sudah sangat-sangat besar. (Foto : Moto.com) Selain itu, kamu juga ti